Thursday, 21 June 2018

DAP Benjie Setelah 1 Tahun Pemakaian

Kali ini saya ingin memberikan pengalaman saya setelah menggunakan DAP Benjie S5 selama kurang lebih 1,5 tahun pemakaian. 

DAP Benjie S45
DAP Benjie S5 
1.Segi Fisik

Fisik dari DAP Benjie S5 setelah 5 tahun tidak banyak yang lecet, selain saya menggunakan stiker pelindung untuk bagian logamnya saya juga hanya menggunakan selama diperjalanan dan dimasukan ke dalam saku kemeja ataupun dalam tas. 

Tombol - tombol nya masih berfungsi dengan sangat baik, hal ini cukup mengejutkan saya, mengingat banyaknya DAP dirange harga yang sama gampang sekali mengalami kerusakan di tombolnya. Baik tombol navigasi ataupun tombol enter (bulatan). 

Dari segi layarpun tidak ada masalah sama sekali, mungkin karena layar oled jadi jauh lebih awet dibandingkan layar LCD maupun TFT. Tidak ada dead pixel ataupun pecah meskipun beberapa kali DAP Benjie S5 saya sempat terjatuh cukup keras dan dari ketinggian yang lumayan. 

2.Firmware dan Batre 

Dari firmware tidak ada masalah berarti, tetap lancar memainkan lagu baik dari internal memory maupun dari external memory. Asalkan format lagu yang diputar sesuai dengan standar dari DAP Benjie S5. 

Untuk format Hi End seperti FLAC & CD tidak ada masalah, yang sering bermasalah adalah format - format bawaan Apple seperti ALAC,ACC dll. Cukup banyak lagu yang saya miliki dan berasal dari Apple format yang tidak bisa di play di DAP Benjie S5 tetapi bisa diplay di DAP lain nya bahkan diplay di HP dengan player bawaan. 

Untuk kekutaan Batre, dengan pemakaian kurang lebih 1.5 jam sehari dan diisi full, DAP Benjie S5 ini mampu bertahan selama 3 hari. Ya kurang lebih 6 Jam play non stop (dengan catatan saya menggunakan cans earbud dan IEM yang mayoritas impendensinya 32 OHM kebawah). Cukup memuaskan untuk DAP dengan range harga dibawah 500 ribu. Untuk sektor batre juga tidak bermasalah meskipun saya sering memakai sampai batre benar - benar habis dan DAP mati, tetapi firmware dan juga daya tahan dari batre DAP Benjie S5 ini masih seperti baru. 

3.Kualitas Audio

Dari segi audio, jelas tidak ada perubahan sama sekali. Meskipun pemakaian sudah diatas 100 jam, kualitas audio masih sama saat pertama kali saya coba. Kualitas audio berubah mengikuti perubahan cans yang saya pakai dan juga kualitas file audio yang saya mainkan. 

Hal ini mematahkan mitos kalau DAP juga perlu di burn :D 

4. KERUSAKAN!

Dari segala keunggulan diatas sangat disayangkan ada satu bagian dan cukup vital yang rusak setelah pemakaian 1 tahun. Colokan Jack Audio ! 

Ya lubang untuk memasang cans ini setelah 1 tahun pemakaian mengalami kerusakan. Hal ini memang lumrah terjadi di DAP dengan range harga 500 ribu kebawah. 

Kerusakannya kalau menurut saya dikarenakan solderan kurang kuat, dengan kondisi ini saat kita menggunakan cans dengan jack audio type Straight atau lurus dan sering terbentur akan merusak lubang audio dari DAP Benjie S5 ini. 

Bisa juga kerusakan ini dikarenakan kita menggunakan cans yang memiliki Jack Audio dengan ukuran tidak standar (biasanya cans dengan mic). 

Saran saya bila kita menggunakan DAP Benjie S5 ini gunakan cans yang tidak memiliki mic dan juga model jack audionya adalah L Shape bukan lurus. 

5. Apa kabar Earbud Fenomenal Benjie ?

Sebenarnya Earbud bawaan dari DAP Benjie S5 ini masih bisa digunakan meskipun kualitasnya menurun. Bukan karena kualitasnya yang jelek, tetapi memang pemakaian saya cukup "Hardcore" untuk earbud ini. 

Hal yang unik dari Earbud Benjie ini, earbud ini masih dapat mengeluarkan suara dengan baik meskipun tidak sebaik saat pertama kali beli setelah sering terkena benturan, sering tertarik kabel dengan kuat dan juga sering tercuci dimesin cuci! 

Cukup mengejutkan memang daya tahan dari Earbud Benjie ini mengingat harganya yang sangat murah ! Bahkan dibanding 2 Earbud saya lainya yang pemakaiannya lebih manusiawi, TY HIZ 32 Ohm dan juga Edifier H101 Earbud Benjie ini jauh lebih awet.

Mungkin bila penyimpanan dan penggunaan lebih hati-hati earbud benjie ini akan jauh lebih awet lagi. 

Kesimpulan 

DAP Benjie S5 ini memiliki kualitas yang sangat baik dari segi daya tahan dan juga batre, yang disayangkan adalah kualitas dari lubang jack audionya yang kurang mumpuni. Masalah umum yang terjadi di DAP murah.

Saya bisa nobatkan DAP Benjie S5 ini adalah DAP terbaik untuk level harga dibawah 500 ribu rupiah. Meskipun after sales servicenya masih belum jelas di Indonesia tetapi kualitas nya cukup terjamin. 

Bila dibandingkan dengan DAB Basic K3 saya yang belum 1 bulan sudah error dan saat ini menjadi pajangan, DAP Benjie S5 jauh lebih worted menurut saya. Disamping User Interfacenya yang mudah, Firmware yang stabil dan daya tahan batre yang awet. 

Untuk kualitas audio DAP Benjie S5 ini cukup mampu mengikuti karakter dari cans yang kita gunakan, meskipun cans nya masih terbatas IEM dan earbud. Bila menggunakan Headphone DAP benjie S5 ini membutuhkan tambahan daya dari amplifier. Oiya karakter dari DAP Benjie S5 ini adalah neutral dan balance jadi sangat cocok untuk anda yang memiliki banyak cans dengan karakter beragam. 

Bila menggunakan cans karakter warm, DAP Benjie ini mampu menyajikan sektor Bass yang pas dan menyesuaikan dengan kualitas cans yang kita pakai. Begitu pula bila warm suara yang dihasilkan sangat identik dengan karakter cans. 


No comments:

Post a Comment