Sunday 24 January 2016

Review Basic IE 200

Basic IE 200 hadir dengan detachable cable

Paket Penjualan 

Kelengkapan Basic IE 200 
Paket penjualan terdiri dari 3 pasang eartips ( S,M,L) dan satu earfoam . Disertakan pula pounch berbahan kulit sintetis khas produk basic dan juga jepitan .

Untuk kualitas eartips lebih baik dari produk - produk basic sebelumnya. Meski tidak senyaman eartips after market seperti spinfit,sony hybrid atau monoprice, eartips bawaan Basic IE 200 ini cukup nyaman untuk pemakaian yang lama. Untuk earfoam  nya sendiri kualitasnya jauh dari earfoam after market seperti comply foam, shure foam atau hippo . Saya pribadi kecewa dengan kualitas earfoam basic IE 200.

Build Quality

Build Quality dari Basic IE 200 sangat baik, tidak terkesan IEM murahan. Finishingnya juga cukup rapi dan elegan. Untuk kabel sendiri termasuk taggle free alias bebas dari tekuan.

Finishing yang bagus untuk kelas harga 200 ribu 
Bentuknya twist dilapis dengan silikon bening yang cukup tebal. Di ujung kabel mengara ke drive terdapat memory wire yang tidak terlalu keras seperti memory wire milik master diy level 1 iem .

Bentuk connector pin pada housing Basic IE 200 


Connector pin Basic IE 200 yang kurang populer 


Jack nya mirip dengan shure se 212 L shape degan kepala yang besar. Sayang jack seperti ini membuat smartphone dengan casing yang tebal tidak bisa menggunakan basic ie 200 ini.


Bentuk Jack Basic IE 200 

Kekurangan dari segi build quality Basic IE 200 adalah di connector kabel yang mudah berputar. Membuat sulit saat menjari fitting yang pas di telinga.

Connector Basic IE 200 mudah berputar saat dipakai

Fitting dan Kenyamanan

Bila sudah mendapatkan fitting yang tepat Basic IE 200 ini mampu memberikan kenyaman yang maksimal bagi penggunanya. Eartips bawaanya sudah cukup nyaman bila dibandingkan dengan produk di range harga 200 ribu. 

Memory wire cukup berfungsi dengan baik menjaga fitting terbaik iem di kanal telinga.  Meskipun tidak keras namun erogonamis dari memory wire basic ie 200 cukup baik.

Sound Quality

Sound signature dari Basic IE 200 ini adalah basshead. dengan dentuman low dan mid bass yang besar dan bertenaga ( boomy ) . Sektor mid range lebih mundur dari vokal terasa di belakang dan tidak intim. Meskipun berkarakter basshead , sektor treble disajikan dengan apik,rapi dan detail.

Penggunaan eartips sangat mempengaruhi sound dari Basic IE 200 ini, eartips bawaan dengan ukuran M memberikan dentuman yang lebih besar dibandingkan ukuran S (setidaknya dikanal kuping saya yang terbiasa menggunakan eartips beukuran kecil) . Saya mencoba mengganti eartips dengan eartips bawaan Basic IE-70HD terasa perbedaan signifikan. Bass jadi berkurang dan impact nya kurang terasa.

Penggunaan Spin Fit pada Basic IE 200 memberikan mid range yang lebih maju dan intim, detail suara yang lebih baik dan juga sound stage yang jauh lebih luas. Bass menjadi sangat rapi dan tidak berkurang  impact nya.

Kesimpulan 

Di rentan harga 200 ribu Basic IE 200 memiliki build quality yang sangat baik. Dari segi kelengkapan pun cukup baik dengan penambahan pounch dan earfoam .

Dari segi suara Basic IE 200 ini menyasar pendengar dengan karakter basshead yang ingin mendapatkan bass dengan quantitas besar . Mid range yang mundur kurang cocok bagi anda pecinta musik jazz ( tapi untuk masalah mid range bisa diatasi dengan mengganti eartips yang pas seperti spinfit atau menggunakan eartips yang lebih kecil ukuranya . Mungkin semakin dalam nozzle masuk ke kanal telinga dapat memperbaikin kualiatas mid range pada basic ie 200 ini ) .




No comments:

Post a Comment